Hanya Berniat Menyambung Hidup, Guru Sejarah Ini Malah Ciptakan Produk Kecantikan Populer

Diposting oleh:

Bakat Anak – Ayah Ibu mengenal Body Shop? Siapa sangka penciptanya adalah guru sejarah yang sempat membutuhkan uang?

Pernahkah Anda berganti dari sebuah pekerjaan ke pekerjaan lain yang tampaknya tidak nyambung dengan pekerjaan sebelumnya? Terkadang, saat dihimpit masalah ekonomi, banyak orang melakukannya. Demikian pula dengan Anita Roddick. Pencipta produk kecantikan Body Shop ini ternyata adalah seorang guru sejarah! Bagaimana ia mengubah arah kariernya?

bakat anak anita roddick guru sejarah ini malah ciptakan produk kecantikan populer

Saat dihimpit masalah ekonomi

Sebagian dari kita pasti pernah merasakannya. Masalah ekonomi bisa jadi mengganggu kestabilan rumah tangga. Sehingga mau tidak mau, ada yang harus mencari pekerjaan tambahan untuk menambah pemasukan keluarga. Anita Roddick mengalami hal yang serupa. Saat sang suami memutuskan untuk berkeliling Amerika, Anita yang menetap di Inggris bersama anak-anaknya yang masih kecil berpikir untuk membuka usaha.

Guru sejarah mau buka usaha apa? Mungkin ini pertanyaan yang terlintas di benak Ayah Ibu. Mudah saja, sepertinya pekerjaan yang selama ini ditekuni tak berhubungan dengan wirausaha. Namun sang ibu mencoba berpikir, dan mengingat-ingat hal apa saja yang pernah dijalaninya di masa lalu, sebagai mahasiswa sejarah. Oya, saya kan pernah keliling dunia!

Saat itu adalah tahun 60-an, ketika berkeliling dunia masih terjangkau. Anita Roddick yang tergabung dalam serikat mahasiswa sempat tinggal dan belajar bersama keluarga petani di Israel. Sang ibu ini sempat juga mampir ke Polynesia, kepulauan di daerah Pasifik. Tiga bulan di sana, ia menggunakan bahan-bahan yang orang-orang Polynesia selama itu gunakan untuk merawat rambut dan kulit mereka. Dan masih banyak lagi pengalaman serupa yang dialaminya.

Jangan sekali-sekali melupakan sejarah

Saya berpikir perempuan sangat baik dalam menyiapkan hal-hal yang mereka minati jika mereka punya cukup pengetahuan, dan saya adalah guru sejarah, sehingga riset sangat penting buat saya.

Kutipan kata-kata Anita Roddick di atas memperlihatkan bahwa dalam menyiapkan usahanya, pola pikir historis yang dianutnya sebagai guru sejarah membuatnya mencermati pengalamannya sendiri. Ternyata, kunjungannya ke berbagai negara di masa lampau memberikan sebuah kesimpulan. Bahwa produk pertanian dan perkebunan adalah saudara paling dekatnya kosmetik, seperti dikutip dari Satya.

Menggunakan pengalamannya tersebut, sang ibu kemudian meramu dua puluh produk kecantikan langsung dari produk pertama pertanian dan perkebunan. Ia kemudian membuka tokonya sendiri pada tahun 1976 dengan nama Body Shop, yang sedikit mengejutkan karena toko tersebut terletak pas di samping pemakaman. Jangan khawatir, Anita Roddick tetap menjual produk kecantikan.

Sang guru sejarah membuka usaha pertamanya tanpa wawasan apapun di bidang bisnis. Sang suami hanya memberikan saran agar sang istri bisa mencapai penjualan kira-kira 300 poundsterling dalam waktu seminggu. Menariknya, seperti dilansir dari situs pribadinya, Anita mengaku bahwa menjalankan usaha untuk pertama kalinya membuatnya sadar, “Bisnis adalah menciptakan produk atau jasa yang sangat baik sehingga orang-orang mau membayar untuk itu.”

Memperjuangkan idealisme lewat bisnis

Meskipun pada awalnya Body Shop berdiri untuk menambah pemasukan keluarga, perjalanan Anita Roddick keliling dunia juga membawanya pada kesadaran tentang lingkungan. Body Shop pun dikembangkan dalam prinsip serupa, melahirkan perusahaan di bidang kosmetik yang mengampanyekan berbagai isu. Ini termasuk memanfaatkan daur ulang, melarang uji coba produk pada hewan, dan mempromosikan fair trade dengan negara-negara dunia ketiga. Pula membeli berbagai bahan dasar dari para petani dengan harga tinggi.

Yang mengagetkan tentu saja adalah saat Anita memutuskan untuk menjual Body Shop pada dua perusahaan yang memiliki idealisme berbeda. Namun keputusan tersebut sekaligus merupakan harapan dari Anita Roddick agar idealismenya bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan perusahaan yang telah membeli Body Shop. Anita pun tetap memantau agar Body Shop tetap berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip yang selama ini dianutnya.

Guru sejarah yang satu ini membuktikan sekali lagi bahwa karier bukanlah tanda titik. Tidak ada salahnya membuat keputusan untuk berpindah jalur karier. Namun seperti pengalaman Anita Roddick, kita tidak perlu melupakan apa yang sudah kita pelajari dari pekerjaan lama kita – siapa tahu pengalaman tersebut bisa digunakan dalam membangun karier terbaru kita!

 

Ingin merintis karier anak Anda? Nantikan buku “Karier Bukan Tanda Titik”, ya!

 

Foto dicuplik dari sini

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss