Inibudi.org, Media Belajar Digital untuk Anak

Diposting oleh:

Bakat Anak – Bagaimana Inibudi bisa menjadi media belajar digital untuk mendampingi proses belajar anak?

Internet boleh jadi menjadi media belajar terbaru bagi anak. Hanya saja, tidak semua materi yang disediakan sesuai dengan konteks belajar anak. Beberapa mungkin sesuai, namun beberapa tidak – sehingga butuh proses lebih lanjut agar anak dapat mengaitkan sumber pengetahuan yang didapatnya dengan apa yang dipelajarinya di sekolah. Inibudi (inibudi.org) yang dikembangkan dan dikelola oleh bangsa kita, bisa menjadi media belajar digital yang pas untuk mendampingi proses belajar anak.

bakat anak inibudi

Idenya sederhana, namun sejalan dengan perkembangan teknologi modern, terutama internet, yang mengubah banyak hal. Kita, generasi sebelum anak-anak kita saat ini, sudah mengalami masa saat satu topik pelajaran bisa menghabiskan waktu sampai dua jam mata pelajaran. Padahal, bisa jadi topik tersebut dapat disampaikan dalam waktu yang lebih singkat, namun tetap bisa dimengerti oleh anak.

Selain itu, anak juga butuh penyegaran dalam proses belajar di kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu, guru yang mengajar maupun siswa yang belajar butuh elemen baru yang lebih kreatif, interaktif, dan seru agar kelas tak jadi membosankan. Di sinilah Inibudi masuk sebagai inisiatif yang menyediakan berbagai video pelajaran sekolah yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja, untuk melengkapi dan menambah keseruan proses belajar anak.

Kelebihan yang ditawarkan Inibudi terutama terletak pada dua hal: konteks bahasa dan konteks pengetahuan. Banyak sekali video pembelajaran maupun video inspiratif di internet yang bisa menggugah anak untuk gemar belajar bahkan berkarya. Namun sayangnya, keterbatasan bahasa – yakni konten yang sebagian besar berbahasa Inggris – biasanya cukup menyurutkan minat anak untuk menikmatinya. Oleh karena itu, video-video pembelajaran yang diunggah Inibudi menggunakan bahasa Indonesia yang ramah bagi anak.

Bagaimana dengan konteks pengetahuan? Materi yang disusun ke dalam berbagai video pelajaran untuk mendampingi proses belajar anak, disesuaikan dengan kurikulum nasional kita. Ini memudahkan para pendidik, baik guru maupun orangtua dalam menggunakan video-video yang diunggah Inibudi untuk mendampingi anak belajar. Kemasan video yang singkat, interaktif, dan penuh warna dapat dengan mudah dinikmati bersama di kelas maupun di rumah sebagai pengantar belajar atau diskusi.

Tak cuma video pelajaran, terdapat pula materi belajar maupun latihan soal yang bisa diakses anak dengan mendaftarkan akun di situs Inibudi. Namun secara pribadi, yang paling menarik dari ragam media belajar digital yang ditawarkan inisiatif ini adalah video profesi. Video-video ini bisa melengkapi gambaran anak mengenai berbagai cita-cita atau profesi yang ingin ditekuninya baik selama maupun usai menamatkan sekolah (karena pengembangan bakat anak tak perlu menunggu anak menyelesaikan jenjang pendidikan formalnya). Misalnya saja, video profesi sutradara Riri Riza, atau video profesi jurnalis yang diwakili oleh Najwa Shihab.

Dengan ide yang sederhana, namun tetap selaras dengan dunia yang memasuki zaman kreatif, Inibudi ingin menjadi referensi video pelajaran sekolah yang bisa diakses kapan saja, di mana saja, dan tentu saja, tersedia secara cuma-cuma bagi anak Indonesia. Dengan menggandeng beberapa institusi pendidikan sebagai kontributor, semisal Sekolah Cikal, Prince Private in Science, dan SAE Indonesia, Inibudi terus bergerak untuk memperkaya proses belajar baik untuk anak maupun para pengajar, sehingga bisa kembali menghidupkan suasana dan keseruan belajar.

Inisiatif yang dikendarai oleh Najeela Shihab dan kawan-kawan ini dapat Ayah Ibu akses bersama anak dengan mendaftarkan akun di situs Inibudi, maupun menyaksikan langsung berbagai videonya di kanal Youtube mereka.

Bagaimana Ayah Ibu memanfaatkan berbagai sumber pengetahuan di internet untuk memperkaya proses belajar anak?

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

One thought on “Inibudi.org, Media Belajar Digital untuk Anak”

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss
Nur Masita : justru saya berfikir, apakah para pejabat yg rata2 sudah old dijaman now,pada jaman kanak2 nya dulu sering men
Muhammad Yaseer : Saya sudah lama merenungkan kondisi Pendidikan di Indonesia dibandingkan Finlandia. Menurut Saya kompetisi it
Sofi : Saya suka demgam kalimat klo kita bisa berkembang di lingkungan yg kooperatif drpd kompetitif, ini sy alami d