Buku-e Hari Pertama Sekolah, Kado Indonesia Merdeka

Diposting oleh:

Awalnya, saya tertarik dengan gagasan yang dilontarkan Menteri Anies Baswedan mengenai gerakan Hari Pertama Sekolah. Ketertarikan yang membuat saya meminta tim TemanTakita.com untuk memberikan dukungan pada inisiatif tersebut. Tentu sesuai kemampuan, dukungan berupa penulisan artikel yang berisi tips bagi orangtua dalam menyambut hari pertama sekolah. 

Ada beberapa artikel yang ditulis oleh Dwi Krisdianto. Tulisan awal tidak banyak mendapat sambutan pembaca. Tapi respon pembaca berubah pada hari pertama sekolah. Rupanya gerakan Hari Pertama Sekolah mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Orangtua berbondong-bondong mengantar anaknya pada hari pertama sekolah.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini orangtua tidak hanya mengantar anak layaknya tukang antar jemput. Orangtua mengantar dengan penuh kebanggaan. Bukan hanya mengantar, tapi hadir di sekolah, berkenalan dengan guru atau kepala sekolah. Sebuah pernyataan tegas bahwa orangtua ingin berbagi tanggung jawab dalam mendidik anak.

Antusiasme orangtua tersebut ternyata terus berkembang. Tulisan di TemanTakita.com berjudul “20 pertanyaan keren lainnya untuk diajukan pada anak sepulang sekolah” mendapat sambutan luar biasa. Orangtua membaca dan membagikan artikel tersebut. Saya sungguh terharu menyaksikan semangat belajar yang ditunjukkan para orangtua.

Cover Indonesia Merdeka Hari Pertama Sekolah blog

Apakah hanya berhenti pada postingan di TemanTakita.com? Pertanyaan itu menggelitik hati dan saya pun mengusulkan pada tim TemanTakita.com untuk mengompilasi dan menambahkan beberapa tulisan untuk menjadi buku-e (ebook) Hari Pertama Sekolah. Alhamdulillah, tim TemanTakita.com menyambut usul saya. Kami pun mengerjakan dalam waktu dua minggu hingga tengah malam perayaan 70 tahun Indonesia Merdeka

Rancangan awal buku-e ini akan memuat praktik baik orangtua dalam mengantar anak pada hari pertama sekolah. Tapi keterbatasan waktu saya membuat ide tersebut belum sempat terealisasikan. Saya tetap berharap di kemudian hari, praktik baik tersebut dapat ditambahkan pada buku-e versi berikutnya. Bila pembaca tertarik mewujudkannya, silahkan baca panduannya di bagian bawah tulisan ini.

Buku-e Panduan Hari Pertama ini kami luncurkan bertepatan dengan peringatan 70 tahun Indonesia Merdeka. Sebuah kado merdeka buat Indonesia dengan niat berkontribusi terhadap pewujudan cita-cita kemerdekaan, mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga kado sederhana ini bisa bermanfaat.

Merdeka!

Bukik Setiawan

 

Silahkan unduh buku-e Hari Pertama Sekolah di

HariPertamaSekolah.TemanTakita.com

Panduan Berbagi Pengalaman Hari Pertama Sekolah

Kami mengundang pembaca untuk memperkaya buku-e Panduan Hari Pertama Sekolah ini dengan tulisan mengenai pengalaman mengesankan dalam mengantar anak pada hari pertama sekolah seperti persiapan, perjalanan ke sekolah, bertemu orang-orang di sekolah dan lainnya.

Tuliskan pengalaman antara 300 – 700 kata ke email info@idcerita.org dengan dilengkap nama, alamat lengkap dan no hp.

Tulisan paling lambat kami terima pada 25 Juli 2016. Tulisan terpilih akan masuk dalam buku-e Panduan Hari Pertama Sekolah versi 2.0 dan 5 penulis paling mengesankan akan mendapat buku Anak Bukan Kertas Kosong.

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

3 thoughts on “Buku-e Hari Pertama Sekolah, Kado Indonesia Merdeka”

  1. Eva says:

    Bagaimana cara ngunduhnya ya?

    1. Silahkan klik pada tautan (link) di atas atau di fotonya

  2. Mengenai mengantar anak di hari pertama, orangtua memang mesti memperhatikan pendidikan anak tidak hanya sekedar membiayai pendidikan anaknya

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss
Nur Masita : justru saya berfikir, apakah para pejabat yg rata2 sudah old dijaman now,pada jaman kanak2 nya dulu sering men
Muhammad Yaseer : Saya sudah lama merenungkan kondisi Pendidikan di Indonesia dibandingkan Finlandia. Menurut Saya kompetisi it
Sofi : Saya suka demgam kalimat klo kita bisa berkembang di lingkungan yg kooperatif drpd kompetitif, ini sy alami d