Kecerdasan Majemuk Anak, Tumbuhkan dan Kembangkan

Diposting oleh:

Seperti banyak jalan menuju Roma, ternyata baca jalan pula menjadi cerdas. Setidaknya ada 8 kecerdasan majemuk agar anak menjadi cerdas. Apa saja?

Setiap anak bisa menjadi cerdas dengan jalannya masing-masing. Howard Gardner merumuskan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang mempunyai nilai budaya. Dalam pengertian lain, kecerdasan adalah kemampuan komputasi seseorang, kemampuan seseorang dalam mengolah jenis informasi tertentu. Anak yang pandai mengolah informasi berupa nada dan irama berarti mempunyai kecerdasan majemuk musik yang menonjol. Anak yang tangkas dalam memecahkan persoalan logika berarti mempunyai kecerdasan logika yang menonjol.

Satu dari 6 prinsip kecerdasan majemuk menyatakan bahwa ada banyak jalan agar anak menjadi cerdas. Sebagaimana jalan menuju Roma, ada banyak jalan menjadi cerdas. Jumlah jalan menjadi cerdas tak terbatas, sebanyak variasi komposisi 8 kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh seorang anak. Jadi jalan menjadi cerdas bukan hanya satu jalan, bahkan bukan hanya 8 jalan, tapi tak terbatas jumlahnya, tersusun dari 8 kecerdasan majemuk berikut ini:

grafik kecerdasan majemuk kecil

Kecerdasan Imaji
Kecerdasan imaji adalah kemampuan memahami, mengelola dan menciptakan imaji dari suatu obyek dan ruang. Anak dengan kecerdasan imaji lebih peka pada warna atau bentuk dari sebuah obyek.

Kecerdasan Aksara
Kecerdasan aksara adalah kecerdasan mengelola bahasa, baik lisan maupun tertulis. Anak dengan kecerdasan aksara berpikir dengan kata-kata, mempunyai kepandaian dalam berbahasa untuk berbicara, menulis, membaca, menghubungkan, dan menafsirkan.

Kecerdasan Diri
Kecerdasan diri adalah kemampuan dalam memahami dan mengelola diri. Peka terhadap emosi, ide, harapan dan motivasi yang dirasakannya.

Kecerdasan Relasi
Kecerdasan relasi adalah kemampuan memahami orang lain untuk membangun relasi sosial. Peka terhadap keadaan, suasana hati, harapan dan sikap orang lain, serta jeli terhadap perubahan sikap orang lain.

Kecerdasan Musik
Kecerdasan musik adalah kemampuan memahami dan mengelola nada dan irama untuk mengekspresikan sebuah ide atau emosi. Peka dan mampu membedakan suara yang berirama dengan yang acak.

Kecerdasan Alam
Kecerdasan alam adalah kemampuan memahami alam untuk menjaga keseimbangan. Anak dengan kecerdasan alam memiliki keterkaitan yang kuat dengan alam semesta. Peka terhadap berbagai gejala alam, tumbuhan maupun hewan.

Kecerdasan Tubuh
Kecerdasan tubuh adalah kemampuan memahami dan mengelola tubuh untuk berkarya atau mengekspresikan emosi. Kecerdasan tubuh berkaitan dengan kepekaan menyadari perubahan posisi, tekanan, dan keseimbangan tubuh.

Kecerdasan Logika
Kecerdasan logika adalah kemampuan memahami dan mengelola hubungan logis antara dua kejadian atau simbol. Anak dengan kecerdasan logika berpikir dengan penalaran, yaitu mencari hubungan sebuah informasi dengan informasi lainnya, misalnya hubungan sebab dan akibat.

Apa kecerdasan majemuk anak anda yang menonjol? Cari tahu di mengenal kecerdasan majemuk anak.

Dengan mempraktekkan Pendidikan yang Menumbuhkan, orangtua dapat optimal mengembangkan bakat anak. Dapatkan buku Anak Bukan Kertas Kosong serta bonus GRATIS poster mengenali kecerdasan majemuk anak, poster menstimulasi kecerdasan majemuk dan buku-e Hari Pertama Sekolah. Klik Buku.TemanTakita.com 

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss