15 Pertanyaan Keren ini perlu Anda Ajukan pada Guru Anak

Diposting oleh:

Bakat Anak – Apa kumpulan pertanyaan keren untuk guru anak yang terlintas di benak Ayah Ibu?

Tak terasa, sudah sebulan lebih anak-anak kita kembali duduk di bangku sekolah. Sebagai orangtua yang sewajarnya terlibat penuh dalam pendidikan anak, termasuk menjalin relasi yang positif dengan guru anak. Apakah relasi positif tersebut berarti datang dua kali setahun hanya untuk mengambil rapor? Atau sudahkah saatnya bagi para orangtua untuk lebih banyak bertanya kepada mitra pendidik anak kita?

Syahdan, drama pendidikan formal dapat dimainkan dengan baik apabila tiga karakter utama berikut muncul dengan apik di panggung. Pertama, anak yang duduk di bangku sekolah. Tak sekadar mengonsumsi pengetahuan, anak perlu didorong untuk menciptakan pengetahuan baru dan berkarya. Ayah Ibu semisal, dapat menggunakan kumpulan pertanyaan keren berikut untuk memantau perkembangan belajar anak di kelas.

bakat anak kumpulan pertanyaan keren

Siapa dua karakter utama lain yang harus muncul di panggung pendidikan formal anak? Tentu saja, orangtua dan guru. Kita sebagai orangtua sekaligus pendidik utama anak perlu banyak merenung – misalnya, dengan kumpulan pertanyaan keren berikut – agar selalu teringat bahwa anak tidak terlahir sebagai kertas kosong, melainkan dengan kekuatan. Guru yang keren, sebagai sahabat anak dalam belajar, juga belajar. Mengajar bukan lagi rutinitas pekerjaan seorang guru, melainkan cara guru untuk terus memperbarui pengetahuannya tentang anak maupun kegiatan mengajar itu sendiri.

Ketiga karakter utama dalam drama pendidikan formal ini idealnya menjalin relasi positif – baik anak dengan orangtua, anak dengan guru, maupun orangtua dengan guru. Sebagai sesama orangtua anak, membangun hubungan yang positif dengan guru akan memperlancar kerja sama kedua belah pihak dalam mengawal perkembangan belajar anak. Saat hubungan positif dapat terjalin dengan baik, orangtua dan guru dapat bertukar informasi tentang anak dengan efektif, sebagai salah satu bentuk kerja sama tersebut.

Apa hal yang terpikir dalam benak Anda saat harus mengobrol dengan guru anak? Banyak orangtua yang masih dan hanya fokus pada nilai anak, hal yang ditunggu-tunggu setiap pengambilan rapor. Namun apakah cukup hanya bertanya tentang hasil belajar anak? Dan apakah cukup bertukar informasi dengan guru dua kali dalam setahun? Saya rasa, relasi positif dengan siapapun – termasuk dengan guru anak – membutuhkan waktu lebih banyak dan bahasan yang jauh lebih kaya ketimbang sekadar mendiskusikan angka-angka.

Terry Heick mencoba menyusun kumpulan pertanyaan keren yang bisa diajukan oleh para orangtua kepada guru anak, sebagai bentuk hubungan antara sekolah dan masyarakat sekaligus upaya saling mendukung proses pendidikan anak. Pertanyaan-pertanyaan yang saya kompilasi ulang ini memuat berbagai pertanyaan yang lebih bermakna seputar pendidikan anak, termasuk proses belajar anak di kelas yang seringkali kita anaktirikan.

Kumpulan pertanyaan keren untuk guru anak ini lebih bersifat sebagai panduan; Ayah Ibu bisa menggunakan bahasa yang lebih ringan namun memuat pesan yang sama yang ingin Anda tanyakan kepada guru seputar anak. Selamat mencoba!

  1. Apa respon Anda saat anak saya mengalami kesulitan belajar di kelas?
  2. Apa hal-hal terpenting yang perlu anak pahami dalam setahun ke depan?
  3. Dalam mengajar, apakah Anda fokus pada kekuatan atau kelemahan anak?
  4. Bagaimana kegiatan-kegiatan berkarya dimanfaatkan dalam keseharian belajar anak di kelas?
  5. Bagaimana Anda mendorong anak untuk berpikir kritis?
  6. Apa yang bisa saya turut lakukan agar anak gemar dan melek dalam membaca?
  7. Bagaimana umpan balik dalam proses belajar anak bisa Anda sampaikan, (1) tanpa menghakimi, dan (2) bukan sekadar angka mati?
  8. Apa pertanyaan yang sekiranya bisa saya tanyakan kepada anak sepulang sekolah?
  9. Apa usaha Anda agar masing-masing anak di kelas dapat belajar dengan cara terbaik mereka?
  10. Apa model belajar (ceramah, permainan, demonstrasi, belajar berbasis masalah/problem-based learning) yang paling sering Anda gunakan di kelas, berikut manfaatnya?
  11. Adakah sarana belajar di kota kita yang bisa Anda rekomendasikan sebagai wahana belajar anak?
  12. Adakah teknologi pembelajaran (situs, forum, aplikasi, game) yang dapat Anda sarankan untuk mendukung anak belajar secara mandiri?
  13. Apa hambatan terhadap kemajuan belajar anak yang paling umum Anda jumpai di kelas?
  14. Bagaimana Anda memandang perubahan pendidikan yang terjadi sekarang ini?
  15. Menurut Anda, apa peran utama Anda sebagai guru dalam proses belajar anak?

Adakah pertanyaan keren lain untuk guru anak yang terlintas di benak Ayah Ibu?

 

Foto oleh Wonderlane

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss