Memilih Sekolah untuk Anak itu Susah-Susah Mudah

Diposting oleh:

Memilih sekolah itu susah-susah mudah. Bila anda mengalami kebingungan, anda perlu mengunduh dan mempelajari Panduan Memilih Sekolah yang Menumbuhkan ini. 

Memilih sekolah itu susah-susah mudah. Kami sendiri mengalami lika-likunya dalam mendampingi putri kami, Damai.  Bagaimana kami memilih sekolah untuk anak? Kami mendaftar TK yang dekat lokasinya. Ada 3 TK yang masuk kandidat: 1. TK yang paling tua usianya; 2. TK yang paling bagus bangunannya; 3. TK yang paling terpencil lokasinya.

Kami pun berkunjung mengamati 3 TK tersebut. Ketika ke TK yang paling tua usianya, kami melihat ada satu dua anak yang kurang dapat perhatian. Ketika ke TK yang paling bagus bangunannya, kami kecewa dengan sikap staf yang menyambut, sikapnya tidak ramah, tidak antusias menyambut kami. Ketika ke TK yang paling terpencil lokasinya, kami senang dengan sikap kepala sekolah. Seorang ibu tua yang tulus, menyambut hangat kami.

Kami pun memilih TK yang paling terpencil lokasinya. Damai selalu bersemangat berangkat sekolah, meski kadang harus jalan kaki ratusan meter. Situasi berubah ketika TK itu beralih kepemilikan. Kepala sekolah diganti, suasana pun berganti. Ibu yang tulus diganti ibu yang penuntut & kompetitif. Ibarat Agatha Trunhbull, kepala sekolah di film Matilda. Kami pun memutuskan untuk memindahkan Damai.

Pengalaman memilih sekolah dasar pun kurang lebih sama. Belajar dari pengalaman itu, dari berbagai bacaan, serta dari buku Anak Bukan Kertas Kosong, saya menyusun panduan Memilih Sekolah yang Menumbuhkan.

Apa itu Sekolah yang Menumbuhkan? Buat pembaca Buku Anak Bukan Kertas Kosong tentu tidak asing dengan istilah Pendidikan Menumbuhkan, sebagai lawan dari pendidikan menanamkan (mendekoki anak). Sekolah yang Menumbuhkan adalah sekolah yang menghargai potensi unik anak dan memfasilitasi tumbuh kembangnya potensi anak. Sekolah yang meyakini bahwa setiap anak mempunyai kemampuan dan kemauan belajar. Tugas sekolah bukan mewajibkan anak belajar, tapi memancing rasa ingin tahu, memberi tantangan bertingkat, dan memfasilitasi proses refleksi sehingga anak gemar belajar, tekun belajar dan belajar mendalam.

Bila mempunyai visi yang sama dengan Sekolah yang Menumbuhkan, anda bisa menggunakan Panduan Memilih Sekolah yang Menumbuhkan.

Apa saja isi panduan tersebut?

  1. Survai memahami pendidikan menumbuhkan
  2. Tiga salah kaprah memilih sekolah
  3. Tiga faktor dalam memilih sekolah
  4. Lima langkah praktis memilih sekolah
  5. Panduan mengunjungi calon sekolah
  6. Empat pertanyaan kunci yang penting ditanyakan ke sekolah

Silahkan unduh

Klik Panduan Memilih Sekolah yang Menumbuhkan

Memilih Sekolah yang Menumbuhkan TemanTakita

Meski panduan ini bisa digunakan pada tingkat sekolah menengah, tapi sebenarnya panduan ini ditujukan untuk memilih TK dan SD. Untuk sekolah menengah, kami melakukan proses yang agak berbeda karena menyesuaikan dengan usia dan perkembangan Damai. Bocoran saja, kami sudah meminta Damai, yang saat ini kelas 4 SD, melakukan riset berbagai alternatif pendidikan lanjutannya. Tapi itu nanti akan dibahas di panduan yang berbeda.

Silahkan unduh, pelajari, dan bila perlu silahkan diskusikan dengan 2o ribu orangtua yang bergabung di grup Facebook Pengembangan Bakat Anak.

Semoga panduan tersebut bermanfaat. Bila ada masukan atau tips tambahan, silahkan tulis di kolom komentar 🙂

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss
Muhammad Yaseer : Saya sudah lama merenungkan kondisi Pendidikan di Indonesia dibandingkan Finlandia. Menurut Saya kompetisi it
Sofi : Saya suka demgam kalimat klo kita bisa berkembang di lingkungan yg kooperatif drpd kompetitif, ini sy alami d
Eda Soetjipto : tips yang menarik dan baik utk dibagikan . saya ibu 3 anak alhamdulillah kami berlima sangat gemar membaca. ye