Penelitian ini Buktikan Teknologi Modern bisa Membuat Anak Anda Gemar Belajar!

Diposting oleh:

Bakat Anak – Bagaimana gemar belajar dapat dipicu dengan menggunakan teknologi modern?

Anak minta agar punya tablet sendiri, atau setidaknya dapat menggunakan tablet Ayah Ibu sesekali? Saya rasa fenomena ini tak lagi asing di mata kita; bahkan dengan harga gawai (gadget) yang beragam, kini hampir semua kalangan masyarakat dapat menggunakan teknologi modern tersebut, termasuk kalangan menengah ke bawah. Kalau keluarga kita punya dan anak sudah bisa memakainya, lalu apa?

Seringkali para orangtua menuduh gawai dan teman-temannya sebagai pelaku yang membuat anak tidak belajar. Di satu sisi ada benarnya bahwa anak memang perlu memerhatikan intensitas penggunaan tablet atau telepon genggam. Namun di sisi lain, bisa jadi anak tahu bahwa ia hanya bisa menggunakan teknologi modern tersebut untuk bermain game. Mungkin itu juga salah satu dari sedikit kegunaan gawai yang kita, para orangtua ketahui, selain berkirim pesan, selfie, atau mengirim e-mail.

bakat anak menggunakan teknologi modern

Lalu bagaimana jika Ayah Ibu merasa tidak bisa menjauhkan anak dari gawai, karena mereka juga melihat Anda menggunakannya? Selain mengelola waktu dan intensitas penggunaan, sebenarnya gawai dan internet sebagai bagian dari teknologi modern, justru dapat dimanfaatkan agar anak bisa kembali gemar belajar – seperti saat anak gemar bermain game di tablet kesayangannya. Benarkah bisa, dan bagaimana caranya?

Adalah mungkin menggunakan teknologi modern agar anak gemar belajar, seiring dengan perkembangan zaman yang menjadikan teknologi sebagai porosnya. Kalau Ayah Ibu mengamati dan bertanya kepada anak tentang kegiatannya di sekolah, apa kira-kira ragam perilaku anak terkait kegiatan belajar? Jawabannya mungkin bisa dikerucutkan pada “duduk, membaca, menulis, dan mengerjakan soal”. Bahkan anak-anak di usia yang lebih muda pun kini lebih banyak duduk di kelas ketimbang berlarian. Ini tak hanya terjadi di Indonesia, karena banyak juga taman kanak-kanak di Amerika Serikat yang lebih mementingkan kegiatan belajar (studying) ketimbang bermain.

Lalu bagaimana kita bisa menggunakan teknologi modern seperti gawai dan internet agar anak gemar belajar? Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan dengan gawai – hal-hal yang tidak menjemukan bagi anak, seperti bermain game, karena ia tidak harus duduk tenang dan mencatat penjelasan guru di kelas. Penelitian Journal of Play memperlihatkan bagaimana kognisi anak lebih cepat berkembang dengan melakukan berbagai kegiatan aktif yang menggunakan panca indera, baik suara, gerakan, dan sentuhan, alih-alih sekadar membaca, menulis, dan berhitung.

Belajar dengan menggunakan panca indera akan lebih mudah dijiwai oleh anak-anak, karena mereka tidak hanya berpikir, namun juga melakukan – menggunakan berbagai anggota tubuh mereka untuk ‘mengalami hal baru’. Di sinilah, gawai dan internet setidaknya dapat membantu anak melakukan kegiatan belajar yang beragam – dan tidak sekadar duduk diam – dan menumbuhkan gemar belajar.

Indera pelihatan misalnya, dapat digunakan anak untuk belajar visual, dan salah satu cara untuk mengembangkannya adalah dengan bermain game. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Brown University. Kalau anak sudah cukup bermain game dan Ayah Ibu berpikir agar anak bisa melakukan kegiatan lain dengan gawainya, Anda bisa mengenalkan fotografi. Tidak hanya melejitkan kecerdasan imaji, anak juga bisa mulai mengenal daya tarik seni, mengambil sudut pandang yang berbeda untuk memotret, dan sebagainya.

Anak juga bisa belajar dengan mendengarkan, termasuk mendengarkan suaranya sendiri. Ayah Ibu bisa mendorong anak untuk merekam kisah yang dituturkannya sendiri, atau berlatih membacakan sebuah cerita atau puisi. Bangsa kita, seperti halnya bangsa-bangsa lain, memiliki tradisi kuat dalam bercerita secara lisan, dan gawai memberikan kesempatan bagi anak untuk melakukan apa yang nenek moyang kita telah lakukan sejak zaman dahulu. Kalau anak belum percaya diri melakukannya, biarkan anak menonton atau mendengarkan penuturan orang dewasa atau anak lain yang bisa Ayah Ibu dan anak cari bersama-sama di internet.

Dengan cara ini, anak bisa menggunakan teknologi modern bukan hanya untuk bermain, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan tak menjemukan untuk menumbuhkan gemar belajar. Karena belajar tak hanya sekadar duduk diam, tetapi juga melakukan dan mengalami.

Apa aktivitas dengan gawai dan/atau internet yang bisa anak lakukan sebagai cara belajar yang mengasyikkan?

 

Foto oleh Wolfgang Lonien

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

One thought on “Penelitian ini Buktikan Teknologi Modern bisa Membuat Anak Anda Gemar Belajar!”

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss
Muhammad Yaseer : Saya sudah lama merenungkan kondisi Pendidikan di Indonesia dibandingkan Finlandia. Menurut Saya kompetisi it
Sofi : Saya suka demgam kalimat klo kita bisa berkembang di lingkungan yg kooperatif drpd kompetitif, ini sy alami d
Eda Soetjipto : tips yang menarik dan baik utk dibagikan . saya ibu 3 anak alhamdulillah kami berlima sangat gemar membaca. ye