Tumbuhkan Gemar Membaca pada Anak dengan 2 Cara Ini

Diposting oleh:

Bakat Anak – Cepat atau lambat, anak kita akan belajar membaca. Ke manapun anak pergi, mereka akan terpapar oleh huruf dan bahasa – rumah, sekolah, kemasan makanan ringan kesukaannya, maupun baliho yang dilihatnya waktu bepergian. Secara umum, anak akan tertarik membaca, mengetahui bagaimana “membunyikan” simbol-simbol yang mereka lihat.

Pertanyaannya kemudian adalah, apa capaian yang kita inginkan sebagai orangtua kepada anak-anak kita: bisa membaca atau gemar membaca?

Daniel Willingham dalam buku terbarunya, “Raising Kids Who Read”, menegaskan bahwa ada perbedaan antara mengajar anak membaca, dan menumbuhkan gemar membaca pada anak. Bahkan sebagai orangtua, Daniel Willingham pun tak menjadikan membaca sebagai alat untuk mencapai keberhasilan di sekolah dan kehidupan nantinya – meskipun itu benar adanya.

bakat anak gemar membaca

 

“Hal-hal yang biasa Anda dengar mengapa anak sebaiknya membaca, menurut saya bukanlah alasan yang benar-benar kuat,” ujar Daniel. “Kalau tujuannya hanya untuk menjadi warga negara yang baik, atau bisa mencari lebih banyak uang, saya pikir ada banyak cara lain untuk mencapainya, ketimbang menghabiskan waktu luang dengan membaca.”

Tentu saja, Daniel Willingham mengharapkan anak-anaknya gemar membaca. Namun ia punya alasan yang sedikit berbeda: “Buat saya, membaca adalah sebuah nilai dalam keluarga. Membaca adalah kegiatan yang saya gemari, yang menurut saya penting. Saya mendapatkan berbagai pengalaman yang tidak akan saya dapatkan kecuali saya membaca. Itulah sebabnya, sudah sewajarnya saya ingin anak-anak saya mengalaminya juga.”

Jadi, bagaimana menumbuhkan gemar membaca pada diri anak? Dua tips Daniel Willingham ini mungkin tak terdengar baru, namun tetap menantang untuk dilakukan orangtua dan keluarga Ayah Ibu.

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah meneladankan gemar membaca. Jika orangtua gemar menonton TV, anak akan menjadi penonton TV. Jika orangtua tak punya variasi kegiatan selain bermain dengan gawai (gadget), anak akan tumbuh bersama gawai pula. Kalau Ayah Ibu menginginkan anak yang gemar membaca, gemarlah membaca terlebih dahulu.

Teladan ini bahkan dapat ditunjukkan sebelum anak belum bisa membaca. Saat anak melihat orangtua ataupun saudaranya menikmati membaca, anak akan tertarik pada kegiatan tersebut. Membacakan buku cerita saat berkumpul bersama keluarga bisa menjadi salah satu kegiatan. Tunjukkan bahwa keluarga Ayah Ibu gemar belajar tentang dunia, dan membaca menjadi salah satu cara terbaik untuk belajar tentang dunia. Tak dapat dipungkiri, salah satu informasi yang didapat anak dalam mengembangkan bakatnya didapat dari membaca.

Hal kedua yang disarankan oleh Daniel Willingham adalah membuat membaca sebagai kegiatan yang paling menyenangkan yang dapat dilakukan anak. Anak bisa jadi punya berbagai kegemaran, dan saat bermain game dirasa lebih menyenangkan ketimbang membaca, anak akan memilih bermain game.

Langkah awal yang ditawarkan Daniel Willingham adalah meletakkan buku atau bacaan lain di tempat-tempat anak cenderung bosan – di mobil misalnya. Langkah lain yang bisa Ayah Ibu lakukan adalah dengan tidak selalu menyediakan hiburan cepat saji (gawai, misalnya) di setiap kesempatan.

Singkatnya, berikan kesempatan pada anak untuk melihat, mencoba, dan merasakan sendiri nikmatnya gemar membaca, dan tanyakan kembali apa kisah atau wawasan seru yang didapatnya setelah membaca. Semua tentu saja dimulai dengan sikap Ayah Ibu terhadap kegiatan membaca.

Apa tips Ayah Ibu untuk menumbuhkan gemar membaca dalam diri anak?

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

4 thoughts on “Tumbuhkan Gemar Membaca pada Anak dengan 2 Cara Ini”

  1. Setuju. anak-anak melihat bagaimana kebiasaan orang tua. jika orang tua ingin anaknya senang dan bisa membaca maka orang tua harus membangun kebiasaan membaca di rumah agar pembelajaran bisa optimal

  2. ingin pinjam buku Raising Kids Who Read

  3. Renaissans says:

    Setuju banget sama poin pertama. Dulu waktu masih TK tiap hari liat papa baca buku atau baca koran. Akhirnya aku tiru2 dengan mulai baca komik dan baca KOMPAS rubrik ANAK. Dan sejak saat itu akhirnya ketagihan dan setiap hari selaluuuu membaca 😀

  4. tips yang menarik dan baik utk dibagikan . saya ibu 3 anak alhamdulillah kami berlima sangat gemar membaca. yes poin pertama tepat sekali. memberi contoh adalah melalui orangtua. anak gemar meniru

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss
Nur Masita : justru saya berfikir, apakah para pejabat yg rata2 sudah old dijaman now,pada jaman kanak2 nya dulu sering men
Muhammad Yaseer : Saya sudah lama merenungkan kondisi Pendidikan di Indonesia dibandingkan Finlandia. Menurut Saya kompetisi it
Sofi : Saya suka demgam kalimat klo kita bisa berkembang di lingkungan yg kooperatif drpd kompetitif, ini sy alami d