Rimba Baca, Rayakan Petualangan Membaca bersama Anak

Diposting oleh:

Bakat Anak – Apakah Ayah Ibu kesulitan menemukan perpustakaan yang nyaman bagi anak?

Buku bukanlah sesuatu yang menakutkan, melainkan mengasyikkan. Di satu sisi Ayah Ibu mungkin memiliki keinginan agar anak gemar membaca, namun belum menemukan kesempatan untuk menawarkan kegiatan tersebut dalam suasana yang nyaman bagi anak. Nah, kalau biasanya perpustakaan memiliki kesan yang akademis, bahkan suram, perpustakaan anak bernama Rimba Baca ini sebaliknya merayakan petualangan membaca bersama anak dengan suasana yang akrab.

rimba-baca-1

Saya mengenal Rimba Baca dari seorang teman, namun baru beruntung bisa berkunjung ke sana akhir pekan lalu. Sebagai seorang penikmat buku, saya tentu tak boleh melewatkan kesempatan berkunjung ke berbagai perpustakaan di Jakarta. Apalagi kalau ada perpustakaan yang nuansanya akrab dengan anak, sehingga membaca tak lagi menjadi sebuah keengganan.

Berkunjung ke sana, saya langsung disambut oleh Fitriyana, sang pemilik Rimba Baca. Kala itu, suasana cukup ramai karena selain kehadiran pengunjung, ada pula acara yang diselenggarakan oleh salah satu mitra Rimba Baca. Fitriyana dengan sabar melayani beberapa orangtua yang ingin meminjam dan mengembalikan buku, sedangkan saya langsung memindai koleksi buku anak yang Rimba Baca sediakan.

Rimba Baca sendiri akan merayakan ulang tahunnya yang keempat di bulan Oktober ini, pasca dibuka untuk umum pada tahun 2011. Visinya sederhana, yakni menjadi tempat membaca yang nyaman bagi anak. Idenya dimulai saat Fitriyana yang gemar membaca sejak kecil ini menonton film You’ve Got A Mail. Ia awalnya terinspirasi untuk memiliki toko buku, yang meskipun kecil, namun hangat dan menjadi bagian dari komunitas.

rimba-baca-2

Berkesempatan mengambil kuliah di luar negeri kemudian membuat Fitriyana merasakan betul manfaat perpustakaan di sana. Ia menyadari bahwa ia bisa melakukan hal yang sama; membuka sebuah tempat membaca, yang tidak harus berhawa akademis – yang seringkali malah dijauhi – melainkan nyaman dan akrab bagi anak. Kelahiran Rimba Baca pun dimulai dari momen tersebut.

Koleksi buku anak di Rimba Baca sangat beragam, dan dibagi dalam tiga kelompok: buku untuk anak usia 0-3 tahun, 4-8 tahun, dan 9-12 tahun. Ada pula buku-buku yang ditujukan untuk remaja dan orangtua, yang bisa dimanfaatkan banyak ayah ibu yang mengantar anaknya ke perpustakaan ini. Meski begitu, koleksi terbanyak memang difokuskan untuk anak: baik buku berbahasa Indonesia maupun luar, bergambar dan yang mengandung lebih banyak teks, pula terkait genre. Ada pula Ruang Seni yang bisa dimanfaatkan anak untuk menggambar dan melukis apabila bosan membaca.

Fitriyana sendiri melakukan pemilahan dengan membaca berbagai rekomendasi dari Goodreads maupun situs lain yang mengulas berbagai buku anak, sekaligus menyesuaikannya dengan kondisi kultural di Indonesia. Namun semakin lama, ia tak perlu khawatir dalam menyeleksi buku-buku anak yang disediakan untuk Rimba Baca. Ia juga senang menerima banyak masukan dan permintaan dari orangtua untuk menambahkan judul-judul tertentu. Bahkan, beberapa anggota perpustakaan pun turut menyumbangkan bukunya di sana.

rimba-baca-3

Tantangan utama yang dihadapi Fitriyana dalam mengelola Rimba Baca adalah memperkenalkan konsep perpustakaan kepada orangtua. Termasuk mendorong orangtua mengajak anak untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap buku yang digunakan. Ini juga menjadi buah lain dari kegiatan membaca dan meminjam buku di perpustakaan. Orangtua juga diharapkan partisipasinya untuk mengingatkan anak bahwa buku yang dibacanya adalah milik bersama, sehingga anak belajar untuk merawat buku yang dipinjamnya.

Fitriyana percaya bahwa saat orangtua gemar membaca, perilaku tersebut akan dilihat sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Ia percaya bahwa orangtua perlu mengenalkan buku kepada anak bahkan sebelum anak bisa membaca. Melihat bertumbuhnya jumlah anggota dan intensitas peminjaman dan pengembalian bukunya, ia cukup optimis bahwa orangtua generasi sekarang sudah paham pentingnya membaca dan meneladankan gemar membaca pada anak. Bahkan ia melihat, meskipun cukup banyak anak saat ini seringkali tumbuh dengan gawai (gadget), orangtua mereka pun berinisiatif mengimbanginya dengan mengajaknya membaca buku.

Perpustakaan yang berlokasi di Jalan RSPP no.21B, Cilandak, Jakarta Selatan ini buka setiap hari dengan jadwal yang berbeda: Senin-Jumat buka dari pukul 10 pagi sampai pukul 5 sore, sedangkan Sabtu dan Minggu buka dari pukul 10 pagi sampai pukul 7 malam. Selain kegiatan membaca yang dapat dilakukan anak maupun anak dengan orangtuanya, Rimba Baca memiliki program liburan, maupun menjalin kerja sama dengan komunitas lain yang juga menyuarakan kebutuhan anak – terutama tentang buku dan membaca. Ayah Ibu dapat menyimak berbagai informasi dan kegiatan di Rimba baca melalui beberapa tautan berikut:

Situs Rimba Baca | Facebook Rimba Baca | Twitter Rimba Baca

Bagaimana Ayah Ibu menciptakan kondisi membaca yang menyenangkan sekaligus menantang buat anak?

 

Dokumentasi milik Rimba Baca

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss