Empat Salah Kaprah Memilih Sekolah Bagus

Diposting oleh:

Banyak orangtua ingin sekolah bagus buat anaknya, sayangnya banyak diantaranya terjebak pada salah satu dari 4 salah kaprah ini. Baca dan pastikan Anda tidak terjebak juga

Semua orangtua ingin sekolah bagus buat anaknya, tapi seringkali terjebak salah kaprah. Apa saja salah kaprah dalam memilih sekolah? Menurut kami, inilah 4 salah kaprah yang sering dilakukan orangtua.

Salah Kaprah Memilih Sekolah Bagus

Memilih sekolah bagus berdasarkan fasilitas, bukan pada bagaimana fasilitas itu digunakan. Buat apa fasilitas, bila siswa sekolah tidak punya keleluasaan menggunakan fasilitas itu atau menggunakannya sebatas pada jam-jam tertentu saja, atau bila siswa tidak distimulasi untuk mengoptimalkan fasilitas sebagai bagian proses belajar. Kenyataannya, sekolah yang bagus justru bisa mengoptimalkan fasilitas apa saja sebagai media belajar.

Memilih sekolah bagus berdasarkan banyaknya piala dan gelar juara (atau orientasi hasil), bukan pada suasana belajar dan kebersamaan warga sekolah (atau orientasi proses). Orientasi hasil membuat siswa menonjol cenderung dikarbit dan siswa yang di luar jalur kompetisi cenderung diabaikan sekolah. Pilih sekolah yang membantu anak tumbuh sebagai dirinya sendiri, bukan yang membandingkan anak kita dengan anak lain.   

Memilih sekolah bagus berdasarkan tampilannya yang sempurna, bukan pada tampilan yang menunjukkan adanya proses belajar. Untuk belajar, anak butuh kesempatan mencoba, termasuk kesempatan berbuat keliru dan belajar dari kekeliruan tersebut. Tampilan yang sempurna menunjukkan tuntutan tinggi terhadap sikap sempurna siswa dan tidak toleran terhadap kekeliruan.

Memilih sekolah bagus berdasarkan gengsi orangtua, bukan pada dampak sekolah terhadap semangat belajar anak. Banyak orangtua yang susah move on, mengacu pada pengalaman dan obsesi di masa lalu untuk menentukan sekolah anaknya. Padahal bukan orangtua, tapi anak yang akan bersekolah. 

memilih sekolah bagus

Mengapa terjadi salah kaprah? Karena cara memilih sekolah yang salah kaprah lebih mudah bagi kebanyakan orangtua. Misal, jumlah fasilitas lebih mudah dinilai dibandingkan cara penggunaan fasilitas sekolah. Mudah tapi salah kaprah atau sulit tapi memilih yang tepat bukanlah pilihan yang asyik.

Anda sebagai orangtua tentu ingin:

  1. Cara mudah
  2. Pilihan sekolah yang tepat

Tidak perlu pusing, kami sudah siapkan solusinya buat Anda. Nantikan terbitnya buku Panduan Memilih Sekolah buat Anak Zaman Now,  dilengkapi cara melakukan observasi dan wawancara. Beli bukunya dan langsung bisa Anda praktikkan!

Untuk informasi lebih lanjut, segera follow

Instagram: @MemilihSekolah

Twitter: @MemilihSekolah

Facebook: @MemilihSekolah 

 

 

Sumber foto: Flickr

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss