Mengapa Harus Memilih Sekolah di Finlandia bila ada di Indonesia? 

Diposting oleh:

Banyak orang berandai-andai bisa menyekolahkan anak ke Finlandia yang dikenal dengan pendidikan terbaik di dunia. Tapi mengapa harus memilih sekolah di Finlandia bila ada di Indonesia? 

Finlandia dalam beberapa tahun ini sering dibicarakan terutama terkait kualitas pendidikannya yang dinilai terbaik di dunia. Popularitas ini tercapai sejak murid Finlandia mencapai capaian puncak pada pemetaan pendidikan global PISA sejak tahun 2000. Sejak itu orang-orang berbondong-bondong ke Finlandia untuk mempelajari resep rahasia Finlandia.

Saya termasuk orang yang penasaran dengan resep rahasia Finlandia. Saya menyimak hasil seminar yag menghadirkan Pasi Sahlberg di Jakarta pada tahun 2013. Saya baca bukunya berjudul Finnish Lessons: ngajar Lebih Sedikit, Belajar Lebih Banyak ala Finlandia. Saya pelajari artikel dan video tentang sekolah di Finlandia yang ada di internet. Saya pun membaca Teach Like Finland: Mengajar ala Finlandia yang berisi praktik pengajaran di sekolah di Finlandia (Baca: Terbongkar Rahasia Sukses Pendidikan di Finlandia).

Dari proses belajar tersebut, saya menyimpulkan bahwa praktik belajar di sekolah di Finlandia bukan sesuatu yang aneh.  Ajaran yang dipraktikkan di sekolah di Finlandia sudah tergambar pada ajaran Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara (Baca: Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Rasa Finlandia). Saya sudah menuliskan tentang sekolah yang menumbuhkan di buku Anak Bukan Kertas Kosong (2016) yang sejajar dengan praktik di sekolah di Finlandia.

Bukan hanya teori, saya juga telah menyaksikan sekolah-sekolah di Indonesia yang praktik belajarnya serupa dengan praktik belajar di sekolah di Finlandia. Sekolah yang menumbuhkan itu saya temui di Pekanbaru, Jabodetabek, Bandung, Jepara, Yogya, Kediri, Surabaya dan Makassar. Tidak hanya sekolah swasta, namun juga sekolah negeri. Tidak hanya sekolah mahal, namun juga sekolah yang terjangkau. Pastinya masih ada lagi sekolah sejenis yang belum saya ketahui. Kalau Anda mengenal sekolah yang menumbuhkan, silahkan tulis nama dan alamat sekolah di kolom komentar.

Tantangannya, kebanyakan orangtua Indonesia justru memuja sekolah favorit yang praktik belajarnya bertentangan dengan praktik belajar di sekolah di Finlandia (Baca: Lima Salah Kaprah Sekolah Favorit yang Harus Diketahui Orangtua). Hanya sedikit PR di Finlandia, orangtua Indonesia justru minta sekolah memberi PR untuk anaknya. Finlandia hemat memberi ujian terstandar, orangtua Indonesia justru memuja ujian terstandar karena nilai dan rangking anaknya bisa dibandingkan dengan anak yang lain.

Lagi pula, meski ada sekolah di Indonesia yang sama persis dengan sekolah di Finlandia, tetap saja orang lebih memperhatikan apa yang ada di Finlandia. Yang jauh yang ngangeni. Antuasime orangtua di Indonesia terhadap sekolah yang menumbuhkan sangat kecil dibandingkan antusiasme terhadap pendidikan di Finlandia.  Atau bersikap pasrah dengan mengatakan sekolah semacam itu pasti berbiaya mahal. (Baca: Sekolah Murah atau Sekolah Mahal, Mana yang Lebih Bagus?)

Tapi mari realistis, berapa persen dari kita yang mampu memilih sekolah di Finlandia? Alih-alih berkhayal yang tidak menjawab kebutuhan sekolah buat anak kita, mari kita fokus mencari dan memilih sekolah yang menumbuhkan di Indonesia. Sekolah yang menumbuhkan telah menanti kehadiran Anda, orangtua yang peduli dengan masa depan anak.

Apa ciri-ciri sekolah yang menumbuhkan? Bagaimana dengan mengamati 10 menit kita bisa mengetahui sekolah yang menumbuhkan? Bagaimana mengajukan 3 pertayaan kita bisa mengetahui sekolah yang menumbuhkan? Segera dapatkan buku Panduan Memilih Sekolah untuk Anak Zaman Now.

 

Untuk informasi lebih lanjut, segera follow

Instagram: @MemilihSekolah

Twitter: @MemilihSekolah

Facebook: @MemilihSekolah 

 

Sumber foto: Flickr


panduan memilih sekolah untuk anak zaman now

2 thoughts on “Mengapa Harus Memilih Sekolah di Finlandia bila ada di Indonesia? ”

  1. Ande says:

    Setahu saya, di surabaya ada sekolah citra berkat yg bisa dikatakan mengikuti kurikulum itu, adakah sekolah yg lainnya?

  2. Ken says:

    Contoh sekolah yg menumbuhkan di Pekanbaru itu sekolah apa saja ya? Makasih.

Leave a Reply

Buku Panduan Memilih Sekolah untuk Anak Zaman Now
 icon
 icon
rss