Tentang Teman Takita

Bakat seringkali dikecilkan. Bakat dianggap sebatas kesenangan atau hobi semata. Padahal bila mengacu pada buku Bakat Bukan Takdir, bakat adalah karya atau aktivitas anak yang dihargai oleh masyarakat. Sehingga, bakat mempunyai peran penting bagi anak dalam mengembangkan kariernya.

Terlebih di zaman kreatif, bermodal ijazah saja sudah tidak memadai. Mata uang yang berlaku di zaman kreatif adalah karya. Siapa yang berkarya, mereka yang dihargai. Siapa yang berkarya terus menerus, mereka akan menikmati karier cemerlang sepanjang hidup.

Sayangnya, sistem pendidikan saat ini belum menjadikan bakat sebagai fokus pengembangan. Bakat masih menjadi ekstra kurikuler (ekskul) yang bisa ditinggalkan bila ada kesibukan akademis. Kondisi ini akhirnya yang membuat orangtua tidak punya kesempatan untuk mengembangkan bakat anaknya. Pilihan orangtua, membiarkan anak mengikuti sistem pendidikan begitu saja atau melakukan pegembangan bakat anak secara mandiri.

TemanTakita.com hadir menjadi mitra bagi orangtua yang memilih pengembangan bakat anak secara mandiri. Sebagai mitra pengembangan bakat anak, kami hadir dengan menyediakan/menginisiasi beberapa layanan dan aktivitas berikut:

  1. Portal Bakat Anak. Portal TemanTakita.com yang berisi tips pengembangan bakat anak. Kami menggunakan hasil riset dan/atau studi kasus sebagai dasar penyusunan konten.
  2. Buku Bakat Anak. Buku yang membahas tentang pengembangan bakat anak. Anak Bukan Kertas Kosong (ABKK), penulis Bukik Setiawan, terbit 2015, cetakan ketiga; Bakat Bukan Takdir (BBTW), penulis Bukik Setiawan dan Andrie Firdaus, terbit maret 2016; Karier Bukan Tanda Titik (rencana terbit awal 2017) dan buku lain yang akan terbit.
  3. Talkshow/Seminar Bakat Anak. Obrolan singkat seputar pendidikan budi pekerti, membangun kegemaran belajar, dan pengembangan bakat anak. Durasi maksimal 2 jam.
  4. Pelatihan Pengembangan Bakat Anak. Paket pelatihan atau serangkaian kelas bagi orangtua untuk menjadi pendidik yang mengembangkan bakat anaknya. Durasi pelatihan antara 1 – 3 hari yang bisa dibagi menjadi beberapa kelas pelatihan berdurasi 3 jam.
  5. Suara Anak. Sebuah forum bagi anak bercerita tentang pengalaman menekuni kegemaran, bakat atau cita-citanya dalam waktu 5 – 15 menit. Durasi maksimal 2 jam. Forum ini disaksikan oleh masyarakat umum dan direkam menjadi video. Sampai saat ini, ada 31 anak yang menjadi presentan (peserta Suara Anak), yang berasal dari berbagai kota. Suara Anak sudah berlangsung di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Saksikan videonya di Suara-Anak.TemanTakita.com

Informasi lebih lanjut tentang kerjasama dan penyelenggaraan pelatihan dapat menghubungi Hety A Nurcahyarini di 0813 28040235 atau hety.nurcahyarini@gmail.com.

——————–

Peringatan

Anda boleh menyebarkan tulisan di portal ini dengan menggunakan fitur yang telah disediakan di akhir tulisan. Anda DILARANG mengutip sebagian atau keseluruhan tulisan di portal ini tanpa ijin tertulis dari kami. Bila ingin mengutip, silahkan email ke halo@idcerita.org.

 

 

Bukik Setiawan

Pendiri TemanTakita.com

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss
Nur Masita : justru saya berfikir, apakah para pejabat yg rata2 sudah old dijaman now,pada jaman kanak2 nya dulu sering men
Muhammad Yaseer : Saya sudah lama merenungkan kondisi Pendidikan di Indonesia dibandingkan Finlandia. Menurut Saya kompetisi it
Sofi : Saya suka demgam kalimat klo kita bisa berkembang di lingkungan yg kooperatif drpd kompetitif, ini sy alami d