Yuk Ajak Anak Jalan-jalan Sambil Belajar Menulis, Seperti Bella Tipping!

Diposting oleh:

Bakat Anak – Kalau rekreasi bisa dijadikan aktivitas kecerdasan majemuk, kenapa tidak?

Apakah anak Anda suka jalan-jalan? Ayah Ibu mungkin selama ini tidak berpikir tentang hal ini, tapi rekreasi bisa jadi kesempatan belajar dan melakukan aktivitas kecerdasan majemuk buat anak, lho! Kisah Bella Tipping berikut bisa jadi contoh yang bisa ditiru atau diadaptasi para orangtua. Simak, yuk!

bakat anak ajak anak jalan-jalan sambil belajar menulis

Kisah Bella Tipping dan KidzCationz

Gadis berusia 12 tahun itu beruntung bisa berkesempatan jalan-jalan ke Amerika Serikat. Tentu pengalaman yang mengasyikkan baginya, bukan? Namun saat Bella Tipping hendak menuliskan pengalamannya di sebuah situs ulasan perjalanan, ternyata usianya terlalu muda. Seperti beberapa media sosial, situs ulasan perjalanan ini tidak mengizinkan Bella untuk memiliki akunnya sendiri atas dasar usia.

Bella Tipping yang saat itu ditemani sang ibu, Bernadette, menyusuri situs tersebut, tentu saja kecewa. Namun alih-alih memalsu tahun lahir, Bella mencetuskan sebuah ide brilian yang diutarakan kepada sang ibu. Keinginannya menulis dan berpendapat mendorongnya membuat situs ulasan perjalanan khusus untuk anak-anak. Situs tersebut dikerjakannya selama setahun, yang kemudian rilis dengan nama KidzCationz, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Bella Tipping menuturkan bahwa banyak tempat yang dikunjunginya selama jalan-jalan masih didesain untuk orang dewasa. Padahal, tentu Ayah Ibu pasti pernah mengalami, apabila sewaktu liburan anak rewel karena tidak nyaman dengan wahananya, rencana jadi berantakan, kan? Itulah sebabnya Bella ingin menunjukkan bahwa anak pun bisa berpendapat, termasuk dengan menulis. “Jika anak-anak tidak menikmati liburannya, tentu orangtua mereka juga tidak,” ujar Bella, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mengajak anak belajar berpendapat

Menilik kisah Bella Tipping, ternyata jalan-jalan pun bisa membawa pengalaman belajar baru buat anak, tidak hanya senang-senang saja. Salah satunya, adalah dengan menuliskan pengalaman anak selama jalan-jalan. Ayah Ibu tak perlu mengharuskan anak membuat ulasan tentang tempat wisata, hotel, atau restoran tempat mereka berkunjung selama jalan-jalan. Buat anak yang belum terbiasa menulis tentang pengalamannya, hal tersebut bisa jadi menyulitkan mereka.

Anda bisa mengajak anak menuliskan hal-hal yang sederhana dan tidak terlalu panjang. Misalnya, dengan mengajukan pertanyaan berikut: (1) Apakah kamu senang jalan-jalan tadi? (2) Apa yang paling bikin kamu senang? Apa yang paling bikin kamu jengkel atau tidak suka? Bisa pula ditambah dengan (3) Apa yang paling bikin kamu ingin mengajak keluarga jalan-jalan ke sini lagi?

bakat anak bella tipping jalan-jalan menulis

Bella Tipping sedang liburan.

Kalaupun anak belum tertarik menulis, setidaknya Anda bisa mendengarkan anak bercerita terlebih dahulu tentang pengalaman jalan-jalan mereka. Ini bisa melatih mereka berpendapat tentang kegiatan anak selama akhir pekan atau liburan, serta bisa menjadi masukan untuk Ayah Ibu. Berikutnya, Ayah Ibu mungkin bisa meminta anak untuk menentukan tujuan rekreasi selanjutnya.

Menulis sebagai aktivitas kecerdasan majemuk

Yang menarik adalah, kisah Bella Tipping ini menjadi contoh bahwa aktivitas kecerdasan majemuk tak harus melulu serius atau berhubungan dengan kegiatan akademik. Bahwa, ternyata anak bisa belajar banyak dari liburannya, termasuk bercerita dan berpendapat melalui tulisan. Tentu Ayah Ibu bisa menebak, dong, kecerdasan apa yang berhubungan dengan kegiatan menulis? Betul, jawabannya adalah kecerdasan aksara.

Di sisi lain, berarti kita sebenarnya tidak kekurangan ide dalam memberikan eksplorasi yang memadai untuk mengenal bakat anak. Mengapa? Karena pada dasarnya, dalam setiap kegiatan, anak pasti menggunakan kecerdasan majemuknya. Yang perlu kita lakukan adalah memperbanyak jenis kegiatan anak, agar semua jenis kecerdasannya terstimulasi.

Siapa tahu, gara-gara belajar dan kemudian gemar menulis tentang kegiatan jalan-jalannya, anak bisa jadi seorang travel blogger terkenal di kemudian hari?

 

Apa ide Ayah Ibu agar anak bisa belajar hal baru selama rekreasi?

 

Foto oleh Echo Valley Ranch dan Daily Mail

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak

Leave a Reply

Toko Takita | Tempat Belanja Alat Belajar dan Bakat Anak
 icon
 icon
rss